...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...
...TETAP WASPADA TINGKATKAN KEAMANAN LINGKUNGAN SELAMA LIBUR LEBARAN...

22.5.08

Reformasi 1998 Gara-Gara ibu Tien Wafat?

Tanggal 21 Mei pada tahun 1998 adalah hari saat mana Pak Harto turun dari jabatannya sebagai presiden di republik ini. Tanggal 21 Mei kalau tidak salah diperingati sebagai hari Reformasi dan dirayakan oleh, terutama, korban-korban tragedi semanggi. Walaupun begitu pak Harto berhasil menanamkan pola-pola pembangunan positif seperti PKK, pos yandu, KB dan lain-lain selama masa dia berkuasa. Bill Clinton berhasil menuntaskan jabatannya sebagai presiden Amerika walaupun ada ancaman pemecatan oleh kongres Mental pak Bill ini sangat kuat dan keluarganya
solid walau si Bill ini kena skandal dengan Monica Lewinski.

Apa kesamaan pak Harto dan si Bill ini? sama-sama pernah jadi presiden negara dengan penduduk yang relatif besar di dunia. sama-sama lelaki. sama-sama sukses memimpin negara sampai pada batas tertentu). sama-sama punya istri satu dan istri mereka adalah orang yang sangat berpengaruh dan kuat.Kalau kita kembalikan ke diri kita masing-masing, terutama para bapak, kita tidak mungkin lahir di dunia tanpa wanita. ibu adalah orang yang membawa kita ke dunia ini. dengan kasih sayang ibu menyusui kita, mendidik kita, dan mendoakan kita sehingga kita menjadi seperti ini sekarang. kesuksesan bapak-bapak semua tidak lepas dari peran orang tua terutama ibu.

Dalam agama salah satu agama besar, peran ibu sangat dijunjung tinggi dan wanita sangat dihormati dan dilindungi. Kenapa? karena perannya yang sedemikian vital, terutama bagi anak keturunan. Agama tersebut menharuskan kita untuk menghormati ibu 3 kali lebih banyak daripada kita hormat kepada bapak. Dalam budaya kita juga terdapat pepatah "surga ada di telapak kaki ibu". begitu pentingnya peran ibu (wanita) dalam hidup ini sampai ada pepatah "dibalik lelaki yang sukses terdapat wanita yang hebat:". siapa wanita itu? entah ibu atau istri atau bahkan anak perempuan.

Kita lihat kembali ke perjalanan pak Harto di atas. Coba bayangin kalau pak Harto tidak didampingi ibu Tin. Mana PKK sukses? mana pos Yandu sukses? mana ada Taman Mini Indonesia Indah? Coba lihat perjalanan Bill Clinton. Dia tetap tegar karena Hillary Clinton mendukung dia sepenuh hati walaupun sudah terbukti adanya selingkuh. Bahkan terbukti sekarang Hillary maju ke pemilihan presiden. Wanita yang hebat.

Namun begitu kalau ingat pak Harto setelah ditinggal ibu Tin...jadinya beliau malah turun dari jabatan. Patah semangat karena bu Tin tidak ada lagi. Ingat "Matahari" yang menjadi skandal besar spionase jaman hindia belanda? jadi kacau kan pemerintahan hindia belanda waktu itu? atau kisah walikota new york baru-baru ini yang langganan wanita panggilan. gara-gara itu turun jabatan dia sehingga program dia kacau semua. Atau yang agak baru si Nicolas Zarkozy..kepopulerannya turun di mata orang perancis gara-gara dia menikahi Carla Bruni.

Dari ilustrasi di atas tampak jelas bahwa "wanita" bisa mengubah wajah dunia menjadi lebih baik atau menjadi buruk (jelas tergantung lelakinya juga)

Ada yang bilang kalau wanita lebih banyak menggunakan perasaan daripada logika (ada bukunya Men are from Mars, Women are from Venus). Sehubungan dengan kodrat dia tampaknya hal ini sangat benar. Perasaan kasih sayang yang tercurah kepada anak keturunan dalam merawat dan mendidik bisa menjadikan anak-anak tersebut kuat dan berkarakter di masa depan. Sehingga berbekal perasaan ini ada kecenderungan wanita juga emosional. misalnya pre menstruasi, tiba-tiba ibu-ibu bisa uring-uringan sendiri. bagi pada bapak jadi susah..ini salah itu salah. secara emosional wanita mudah tersentuh, walau tetap ada pengecualian.

Kodrat pria memang lain dari wanita, dalam arti misalnya pria harus bekerja mencari nafkah. Secara kodrat pula ada yang bilang bahwa pria cenderung atau harusnya berpikir secara logis dan sedikit mengikutkan perasaan dan emosi. Makanya pemimpin besar umumnya laki-laki. Mereka umumnya logis, obyektif, kepala dingin, faktual, dan umumnya tegas. Ada juga yang pemarah tapi berdasarkan alasan logis.

Namun ibu selalu menanamkan kromosom xy kepada lelaki (lulus SMP kan? jadi tahu dong?), jadi selalu ada komponen "wanita" di dalam lelaki. masalahnya adalah kalau komponen ini porsinya kuat sekali....apa jadinya? jadi bencong? buka salon dong? ngga logis? ngga obyektif? kepala panas? penuh asumsi (ngga faktual), susah diajak tegas?. kalau pria sudah teracuni wanita....bubar jalan lah...apa kata dunia?

Jadi buat bapak-bapak (khususnya penghuni KN7, KN6, KN5, KN4, KN3 dan KN2 VNI3 dan ibu-ibunya juga ding yang tinggal di blok itu ya?), respek terhadap wanita, gunakan sisi "wanita" secukupnya serta dengarkan wanita dengan logis. IMHO ya? IMHO (in my humble opinion) jadi CMIIW (correct me if i am wrong)

p.s. kalau tehnya gak enak, dan tetep diminum juga, tanggung sendiri resiko
p.s. lagi...sumber: percakapan antara suami dan istri

KN5/4

No comments: