...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...
...TETAP WASPADA TINGKATKAN KEAMANAN LINGKUNGAN SELAMA LIBUR LEBARAN...

23.5.08

okezone.com - Mengajarkan Anak Gemar Membaca

Saduran dari okezone.com

Kamis, 22 Mei 2008 - 15:51 wib

Chaerunnisa - Okezone

MEMBIASAKAN gemar membaca kepada anak dapat memberi nilai tambah yang berguna bagi kehidupannya. Melalui bacaan, anak-anak akan memeroleh pengetahuan tentang segala hal serta pengalaman yang luas di masa yang akan datang.

Menurut psikolog Tika Bisono MpSi, untuk mengembangkan minat baca pada anak dapat dimulai sejak dini. Yaitu pada saat anak masih berusia beberapa hari. Cara yang dilakukan orangtua ialah membiasakan self talk (berbicara sendiri) sejak anak masih kecil.

"Konsep berbicara dan berbincang sudah harus diterapkan pada anak saat menggantikan popok, memandikannya, atau saat mereka sedang makan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan stimulasi sejak dini. Meski demikian, anak belum bisa membalas percakapan kita, self talk yang dibiasakan tersebut akan mengasah anak untuk babbling (bercakap-cakap)," kata Tika kepada okezone ketika dihubungi melalui telepon genggamnya, Kamis (22/5/2008).

Setelah tahapan mulai bisa berbicara telah dilalui, lanjut Tika, maka lanjutkan dengan kegiatan membacakan buku kepada mereka. "Konsep deskriptif (bentuk tulisan) itu lebih sulit daripada visual. Karena itu, membacakan buku sudah dapat diperkenalkan," terang psikolog yang dekat dengan dunia remaja itu.

Nah, agar dapat diterima dengan baik, maka ragam bacaan yang diberikan harus sesuai dengan tahap perkembangannya. Bacaan yang diberikan, menurut Tika, mulai dari bentuk yang banyak gambarnya, lalu meningkat lagi dengan banyak gambar dan tulisan, sampai banyak tulisan sedikit gambar.

"Untuk mengembangkan minat baca anak, orangtua berperan sangat aktif, setelah itu baru masuk campur tangan sekolah. Melalui bacaan akan meningkatkan intelektual dan intelegensi verbal anak," papar duta kampanye "Tangani Tepat Demam pada DBD Anak" itu.

Begitu bermanfaatnya bacaan, ditambahkan Tika, maka bila orangtua meminta bantuan pengasuh anak pun kemampuan verbalnya harus senantiasa jalan.

Ada pun aktivitas yang dapat dilakukan untuk menanamkan gemar membaca pada anak, masih menurut Tika, dapat dimulai saat anak hendak tidur. Bahkan saat mereka tengah minum susu atau setelah menghabiskan makan (waktu istirahat). Hanya saja, cara penyampaian bacaannya pun harus dengan teknik yang pas yaitu mendongeng.

"Orangtua harus belajar teknik mendongeng agar bacaan yang diberikan dapat diterima baik oleh sang buah hati. Pembiasaan lewat hearing tersebut, akan membuat anak terbiasa mendengar orang berbicara," jelasnya.

Nah, membiasakan anak selalu membaca, maka akan berdampak baik pada kehidupan sang buah hati di masa yang akan datang. Terutama terhadap perkembangan intelegensia verbal dan linguistik meningkat.

"Anak yang gemar membaca akan mudah menyampaikan pikirannya secara gamblang, bila diberi tanggung jawab membuat konsep maka akan sistematis. Kekayaan dari kosakata yang dimilikinya pun sangat tinggi. Dan paling penting anak akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik," ungkap wanita berkulit hitam manis ini.

Tak hanya itu saja, sambungnya, dengan membiasakan gemar membaca buku, maka anak akan memeroleh tantangan yang lebih tinggi dari bacaannya itu. Bagaimana, sudahkah Anda mengajak anak membaca? (nsa)

No comments: