...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...
...TETAP WASPADA TINGKATKAN KEAMANAN LINGKUNGAN SELAMA LIBUR LEBARAN...

6.11.07

Pembuatan Komposter (Disadur dari Kompas)

Oms dan Tantes
Mari kita kurangi volume sampah kita, apalagi ini musim hujan, bikin komposter sendiri, punya saya masih gagal, siapa tahu kalau model ini sudah lebih bagus..
 

Sepuluh Langkah Membuat Komposter ala Sukamto


Unilever Peduli/Andri
Pipa pralon, sambungan berbentuk L dan sambungan berbentuk T adalah bahan yang diperlukan untuk membuat komposter ala Sukamto.

JAKARTA, UNILEVER PEDULI - Ada sepuluh langkah membuat komposter ala Sukamto. Bahan bakunya, antara lain, tong plastik bekas.

Bahan baku dan alat yang dibutuhkan adalah: 


1.Tong plastik bekas ukuran 20 liter, 1 buah

2.Pipa pralon ukuran panjang 13 cm, diameter 1 inchi, 2  buah

3.Pipa pralon ukuran panjang 10 cm, diameter 1 inchi, 1 buah

4.Pipa pralon ukuran panjang 9 cm berdiameter 1 inchi, 1 buah

5.sambungan pipa berbentuk T, 2 buah

6.Sambungan pipa berbentuk L, 1 buah

7.Keran air galon plastik 1 buah

8.Bor

9.Meteran

10.Kasa plastik

Cara membuatnya :

1.Buat dua lubang udara di sisi kanan dan kiri tong dengan menggunakan bor. Diameter lubang harus sama dengan diameter pipa pralon.

2.Buat satu lubang lagi di sisi lain tong. Posisi lubang ketiga ini harus lebih rendah daripada lubang sebelumnya atau sekitar 10 cm dari dasar tong.

3.Setelah itu buat lubang kecil di badan pipa pralon 13 cm dan pipa pralon 10 cm. Lalu bungkus pipa yang berlubang dengan kasa plastik hingga rapi.

4.selanjutnya instalasi dalam udara dapat dirangkai. Mulailah dari memasang kedua pipa pralon 13 cm, masing-masing pada lubang kanan dan kiri. Kedua pipa dimasukkan dari arah dalam ke luar. Pipa didorong dari dalam hingga keluar sekitar 3 cm dari lubang dan sisanya sekitar 10 cm berada di dalam tong.

5.Kedua ujung pipa yang mencuat keluar 3 cm tersebut kemudian ditutup dengan kasa plastik. Potong kasa plastik berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 1 cm lebih panjang dari diameter pipa. Beri lem PVC di sekitar ujung pipa, lalu tempelkan kasa, atur hingga tertutup rapi.

6.Selanjutnya kedua pipa 13 cm tadi disambung dengan sambungan pipa berbentuk T.

7. Kaki sambungan T tersebut dirangkaikan dengan pipa pralon 10 cm

8.Kemudian pasang sambungan pipa L pada bagian ujung bawah pipa pralon 10 cm. Sambungan pipa L dipasang dengan arah kakinya mengarah ke lubang yang akan dipasangi keran (lubang ketiga).

9.Pasang keran plastik pada lubang ketiga tersebut.

10.Terakhir, masukan pipa pralon 9 cm untuk menyambungkan antara lubang keran plastik dengan pipa L.  (Andri)

Go Green...

4 comments:

Anonymous said...

Tolong lampirkan gambar proses pembuatan komposter biar lebih jelas,kalo berkenan mohon di kirim ke email saya, piecelion@yahoo.com....thanx bnyk.

Anonymous said...

Saya sangat tertarik dengan metode penanggulangan sampah dengan komposter ini, tapi saya masih awam dalam hal ini, mohon kiranya dapat mengirirmkan detail gambar komposter ini, agar saya & warga dilingkungan saya dapat mencoba menerapkan sistem ini. ini alamat email saya

joko_perwito@yahoo.co.id.

Thx, ats perhatiannya.

Semoga Indonesia Tetap Indah.

Anonymous said...

Saya tertarik dengan komposter ini. Tapi tolong di jelaskan campuran apa saja (biang kompos) yang harus disimpan di tong ini ? Berapa hari sekali akan di hasilkan lindi oleh komposter ini ? Dan gambarnya juga tlg di kirim ke email saya alien1@telkom.net Terima kasih... :-)

Mas De_Fa said...

ijin di copy boz..
tapi kalo bisa kirimkan cara pembuatan sekalian dengan gambar-gambar pembuatannya ke emailku di ad.fajli@gmail.com.

terima kasih sebelumnya atas bantuannya..