...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...
...TETAP WASPADA TINGKATKAN KEAMANAN LINGKUNGAN SELAMA LIBUR LEBARAN...

13.6.07

Sistem Keamanan Terpadu

Sistem keamanan terpadu merupakan penggunaan dari berbagai alat bantu yang dapat memantau, mencegah, mengontrol, dan melindungi warga dari tindak kejahatan secara menyeluruh dan terkoordinasi. Guna mempersulit seseorang melakukan kejahatan, berbagai jenis peralatan keamanan harus selalu dihadirkan . Berbagai alat, baik yang bernapas maupun yang tidak, bergerak maupun diam, harus ikut dilibatkan secara bersama-sama agar warga dapat selalu bebas beraktivitas tanpa dihantui rasa takut.
Sistem keamanan terpadu terdiri dari tiga komponen :
  1. Petugas keamanan. Petugas keamanan harus dapat dipercaya oleh warga, mereka harus dicukupi dari sisi finansialnya yang bertujuan agar lebih fokus danmemiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap kerjaannya. Melakukan kontrol/patroli secara kontinyu untuk memperkecil ruang lingkup aksi kejahatan.
  2. Peralatan keamanan. Alat komunikasi sangat membantu untuk tugas pengontrolan/patroli sehingga kegiatan tersebut lebih efisien, oleh sebab itu petugas keamanan perlu dibekali tentang cara penggunaan, maksud & tujuan dari pemakaian alat komunikasi tersebut sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.
  3. Warga waspada kejahatan. Penjagaan lingkungan adalah kegiatan yang dilakukan warga secara bersama-sama untuk mengawasi lingkungan mereka. Inti dari kegiatan ini adalah mempersiapkan mental warga agar selalu waspada dan ikut serta dalam pengawasan lingkungan. Masyarakat tidak dituntut untuk menghakimi pelaku kejahatan, tugas mereka adalah ikut membantu dan melaporkan semua kegiatan yang mungkin berhubungan dengan kejahatan kepada pihak yang berwenang. Efekpencegahannya luar biasa karena dengan adanya kegiatan ini, kesempatan penjahat untuk beraksi menjadi semakin sulit.

Tugas besar memang akan menjadi lebih ringan, lebih cepat, serta lebih efektif apabila dilakukan bersama. Aksi menjaga keamanan bukan hanya tugas dari para petugas berseragam, tapi juga tugas kita semua. Warga sebagai elemen penting juga harus ikut serta meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan. Kita tidak boleh memberikan kesempatan bagi kejahatan untuk terjadi, sehingga pihak-pihak yang ingin melakukan kejahatan akan melihat tidak ada kemungkinan untuk melakukannya. Demi kepentingan bersama, warga harus bersatu untuk melawan kejahatan.

Ternyata kekompakan dan saling perduli antar warga mempunyai peranan cukup besar dalam menjaga keamanan lingkungan kita, kita tidak boleh tergantung oleh tenaga keamanan yang ada, mari kita mempersempit ruang gerak tindak kejahatan dilingkungan kita ...
jadi ... WASPADALAH ...WASPADALAH ....

3 comments:

Anonymous said...

terimaksih bos
cuma bosnya ngga identifikasi secara jelas nih nulisnya, jadi admin bingung deh..syapa ya? seksi keamanan kah? atau seksi seksi yang lain? eh ada FHM girls di RT 10 ya? hue he he he -- admin bandarbingung

Dedy Ugel said...

Wah... baru lunching aja uda ada yang posting artikel seperti ini. tapi klo boleh Comment. Semua ide dan isi dari Blog ini sangat bagus terutama bagi warga yang mungkin belum tersedianya waktu untuk ikut hadir dalam pertemuan2 warga yang diadakan oleh pengurus RT. Nah... Blog ini lahan medianya. Isinya OK kok. justru menurut saya.. isi artikel comment yang tanpa identitas ini yang bisa dikatakan nga gentle. ya wong ini forumnya terbuka kok. klo ada ide/saran ya pasti adminnya nerima namanya juga demi kepentingan bersama. trus maju admin.. ane dukung.. pokok e RT 10 jaya. jangan dianggap klo ada pepesan kosong. Merdeka RT 10. eh.. ngomong2 klo ada yang tersinggung punten.. kang nga ada maksud.

Anonymous said...

Nice posting. Terima kasih