...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...
...TETAP WASPADA TINGKATKAN KEAMANAN LINGKUNGAN SELAMA LIBUR LEBARAN...

26.4.09

Satu Lagi Alasan - Tidak Mengkonsumsi Semua Bahan dari BABI

Disadur dari Detik.Com
Hindari makan/konsumsi Babi deh..bahkan bagi yang tidak berpantang (i.e. tidak mengharamkan Babi) go vegetarian (kalau kuat)

Rachmadin Ismail - detikNews


Makassar
- Kasus kematian akibat flu babi menggemparkan dunia. Apa sebenarnya pemicu virus yang dikenal juga dengan nama Schwein Influenza Virus (SIV) tersebut?

"Pemicunya hampir mirip dengan flu burung. Berasal dari binatang yang demam, batuk dan depresi," kata Dirjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Tjandra Yoga di Makassar, Sabtu (25/4/2009) malam.

Virus ini menyebar dengan sangat cepat. Sejak kasus pertama ditemukan pada Maret lalu, sudah ada temuan kasus yang menular dari manusia ke manusia.

"Termasuk kasus 8 pasien di Amerika, sudah human to human karena terjadi di 3 cluster," jelasnya.

Namun Tjandra menegaskan, virus ini berbeda dengan tipe flu burung. Jika flu burung bertipe H5N1, maka flu babi H1N1. "H1N1 mirip dengan flu biasa yang dialami manusia," tambahnya.

Flu tersebut telah membunuh lebih dari 60 orang di Meksiko. Flu serupa juga menyebar di Amerika Serikat dan menjangkiti 8 orang. Namun kedelapan orang itu berhasil disembuhkan.

Sekolah diliburkan dan acara-acara publik dibatalkan di Kota Meksiko gara-gara menyebarnya flu ini. Sejauh ini diperkirakan 1.000 orang telah terjangkit.

Pejabat kesehatan global memang belum menyiarkan terjadinya pandemi. Meski begitu, mereka mulai meningkatkan kewaspadaan. Flu ini disebut-sebut merupakan kombinasi antara flu manusia, flu burung, dan flu babi.

No comments: